Pages

Search This Blog

Search From Web

mmcmoto.blogspot.com

Sekilas Tentang Lifter Assy Tensioner di GL Max

Saturday, January 18, 2014

Ini artikel lama, sedikit repost laa....
Beberapa minggu yang lalu, bagian mesin sebelah kiri motorku ngadat. Seperti ada gejala rante keteng telah kendor dan seperti biasa penyakitnya muncul lantaran Lifer Assy Tensioner (LAT) gulungan pegasnya sudah lemah. Maklum dah usia senja alias 5 tahun-an.


Kejadian ini berlangsung lama, namun pada waktu itu gw masih berharap kalo tuh LAT masih bisa diperbaiki, entah itu digulung ulang atau dipotong bagian tertentu. Namun setelah sekitar 2 mingguan berkutat dengan LAT tsb, akhirnya gw nyerah. Daripada gw setiap hari gulung ulang tapi sore harinya dah ngadat lagi-ini pula yang membuat gw was-was diperjalanan, mending gw ganti deh.


Setelah cari info di bengkel maupun milis akhirnya gw sambangi Standar motor yang ada di bilangan jatipadang-jagakarsa. Disana gw tebus tuh LAT kluaran bungkus AHM (beda banget ama yang orosinil alias brantakan). Setelah sampe rumah dan gw coba ternyataaaaaa... tonjokannya kurang panjang sodara-sodaraa, padahal gw dah bilang motor gw GL Max. entahlah... meski gulungan pernya maknyos alias nonjok banget tapi tetep gak maksimal.

Kemudian dcobalah untuk mengkanibal pala tonjokan LAT ori dengan badan LAT yang baru, pun demikian tetep saja ngga cocok, weleh weleh....
Beberapa hari kemudian bebekal cuti sehari gw sambangi bengkel pendi motor disekitar Gardu Unv. Pancasla. Akhirnya sebelum pulang dan bawa tuh LAT baru-masih merk AHM abal-abal harga 50K, gw pastiin dulu disana dengan gw bawa LAT Orinya. Dan setelah gw amati sepertinya LAT AHM yang katanya untuk Honda Tiger ini mempunyai tonjokan yang lebih panjang.

Setelah di pasang, jrenggg... bunyi2an kletek-kletek yang gak normal itu lenyap, taaaapiii.......... sesudahnya gw ngerasa ko ini rante jadi bunyi dengung, persis ketika waktu pertama kali ganti keteng (di bengkel SnR).
Pikiran menerawang bahwa bunyi ini akibat tekanan yang luar biasa kerasnya yang disebebkan oleh tonjokan LAT yang terlalu panjang. Akhirnya dengan bermodalkan sharing ilmu dari milis yang selama ini didapat, Alhamdulilah tuh LAT sedikit banyak dapat dijinakkan, dengan cara memasukkan sebagian dari pangkal penonjok LAT ke ulir baut yang ada dibagian body LAT. Walhasil bunyi dengung sedikit berkurang. waah lumayan deh daripada lumanyun.....

Most Reading

 

Followers

Tanah Depok 85 Jutaan

yamaha yzf r15

yamaha yzf r15